Sabtu, 13 Maret 2010

Facebook merupakan salah satu sarana jejaring sosial dalam masyrakat yang cukup populer saat ini. Facebook atau sering disebut FB bukan hanya terkenal dalam kalangan pelajar atau anak mudah saja, akan tetapi juga populer pada kalangan lain, misalnya orang dewasa,pengusaha maupun artis. Facebook dapat digunakan sebagai sarana untuk berbagi informasi atau komunikasi antara berbagai orang, baik satu daerah maupun luar daerah yang sudah menjadi teman kita dalam facebook. Selain itu, facebook juga dapat dijadikan sarana hiburan untuk mengisi kepenatan setelah melakukan berbagai aktifitas.
Dalam facebooknya seseorang dapat menuliskan apa yang dipikirkannya atau populernya disebut status. Status dalam facebook berada di samping nama dan akan selalu ada pada profil pengguna facebook, selama status tersebut belum diganti lagi dengan status yang baru. Seseorang biasanya menuliskan sebuah status berdasarkan apa yang dipikirkannya baik tentang cinta,kebencian,kejadian yang dialami ataupun sindiran terhadap orang lain ataupun lembaga tertentu. Suatu status akan mendapat beberapa komentar dari teman-teman kita di facebook, baik komentar yang positif atau negatif. Itu semua tergantung dengan apa yang kita utarakan dalam status kita. Nah, masalah inilah yang akan dibahas dalam artikel ini.
Dalam menulis status, orang kadang tidak berfikir banyak mengenai apa dampak yang ditimbulkan dari penulisan status. Orang hanya asal tulis mengenai apa yang dipikirkannya atau dirasakannya saat itu. Padahal penulisan status dapat menimbulkan berbagai dampak, baik positif ataupun negatif. Seseorang menuliskan apa yang dirasakannya entah itu kebencian, kesenangan, penyesalan ataupun kesedihan dalam status di facebook, pastinya akan mendapat komentar dari teman-teman facebooknya. Nah, apabila isi dari status itu bernilai negatif tentunya akan mendapat komentar negatif pula, bahkan status yang bernilai negatif dapat menimbulkan pertengkaran ataupun saling olok antarteman. Misalnya seseorang menuliskan tentang olokan kepada salah satu klub atau sporter sepakbola yang tidak disukainya sedangkan teman facebooknya yang lain menyukai klub atau sporter itu, pastinya teman tersebut akan memberikan komentar yang berisi balasan atas ejekan tersebut dan merasa tidak terima dengan ejekan tersebut. Hal ini biasanya akan berbuntut pertengakaran dalam fecebook. Contoh lain lagi, misalnya seseorang bertengkar dengan temannya, kemudian melampiaskan emosinya dengan menulis kata-kata sindiran dalam statusnya, tentunya temannya yang disindir tersebut pastinya akan sakit hati. Dan hal ini akan menimbulkan permusuhan.
Penulisan status yang berdampak negatif, saat ini banyak sekali yang terjadi dan sering dijumpai, bahkan karena tidak berpikir terlebih dahulu, kata-kata kotor pun ditulis oleh orang-orang tertentu yang tidak tau tata krama dan sopan santun dalam statusnya. Nah, hal-hal di atas ini lah yang perlu dihindari oleh pengguna facebook. Karena status dalam facebook sebenarnya dibuat bukan untuk saling menyindir, mengolok atau untuk kata-kata kotor yang tidak perlu, akan tetapi untuk saling memberikan informasi atau komunikasi mengenai sesuatu ataupun untuk saling bertukar pikiran atau pendapat antara pengguna facebook.
Dampak yang ditimbulkan oleh penulisan status dalam facebook tidak selalu negatif, ada juga dampak positifnya, bahkan banyak sekali dampak positif yang dapat diperoleh. Sesorang dapat memperoleh komentar dari teman-temannya yang bersifat mendukung,memberikan semangat, saran ataupun kritikan yang membangun. Misalnya dalam statusnya seseorang menyeritakan tentang patah hati yang dialami, tentunya teman kita akan memberikan komentar, ada yang memberikan dukungan agar kita tetap semangat, memberi saran agar kita selalu sabar dan masih banyak lagi. Selain itu, apabila kita menuliskan tentang suatu pendapat dan mendapat komentar dari teman kita, tentunya dengan komentar itu kita akan dapat saling bertukar pikiran dan akan banyak menambah wawasan kita. Nah, status dan komentar yang seperti inilah yang perlu dikembangkan dalam menggunakan facebook sebagai sarana berbagi informasi dan komunikasi antara berbagai orang. Jadinya akan mengarah menuju hal-hal yang positif dan akan menambah banyak teman.
Jadi sepatutnya seseorang dalam menuliskan status harus berpikir terlebih dahulu mengenai apa yang akan diutarakan,apakah ini akan menyinggung orang lain atau tidaknya, atau apa ini akan membuat diri kita dianggap mempunyai prilaku jelek atau tidak. Karena dalam penulisan status akan mencerminkan bagaimana sifat pengguna facebook tersebut, jika statusnya slalu berisi sindiran, ejekan atau kata-kata kotor sudah dipastikan orang tersebut berkepribadian yang buruk. Dan pastinya kita tidak akan mempunyai banyak teman. Sedang jika kita menuliskan suatu status yang wajar dan tidak aneh-aneh seperti di atas tentunya kita pun akan dianggap berkepribadian yang baik pula.
Dari hal-hal yang dibahas di atas dapat disimpulkan bahwa komentar yang negatif timbul akibat status yang negatif. Dan komentar yang positif timbul karena adanya status yang positif juga. Jadi semua tergantung status yang ditulis.
Maka dari itu marilah kita menggunakan facebook sebagai sarana untuk saling bertukar informasi dan komunikasi yang mengarah ke hal-hal yang positif.




Nama : Lusia You One Nita
SMA NEGERI 3 BLITAR

1 komentar: