Senin, 22 Maret 2010

penyimpangan sosial

PENYIMPANGAN SOCIAL
Adalah, perilaku yang tidak sesuai dengan norma dan nilai yang tidak sesuai dengan yang dianut oleh masyarakat atau kelompok social.
Selain definisi seperti dia atas, ada banyak lagi pendapat dari beberapa tokoh atau sosiolog yang mendefinisikan tentang perilaku menyimpang. Antara lain :
1. Robert K. Merton
2. Bruce J Cohen
3. James Van Der Zanden
4. Paul B. Horton
5. Chester L. Hunt
(pendapat-pendapatnya bisa dilihat di LKS POSSIBLE buku lain yang relevan ).

TEORI-TEORI PENYIMPANGAN
1. Teori pergaulan yang berbeda
Dikemukakan oleh sosiolog Edwin H. Sutherland, yang memandang bahwa penyimpangan bersumber pada pergaulan yang berbeda. Yang menurut teori ini, penyimpangan dipelajari dari proses alih budaya.
2. Teori labeling
Edwin M Lamert mengemukakan bahwa perilaku menyimpang yang dilakukan oleh seseorang merupakan akibat dari proses labeling, yaitu pemberian cap, julukan, label, predikat yang diberikan masyarakat terhadapnya.
3. Teori anomie
Robert K. Merton, penyimpangan social terjadi pada jenjang struktur social. Struktur social tidak hanya menghasilkan struktur social yang ideal, namun juga perilaku yang menyimpang.
4. Teori control
Penyimpangan merupakan hasil dari kekosongan control, setiap manusia cenderung tidak patuh terhadap hokum khususnya, bila terjadi kondisi lemahnya control social.
5. Teori konflik
Karl Marx, menurut Marx, penyimpangan perilaku kejahatan terkait sekali dengan perkembangan kapitalisme. Perilaku menyimpang diciptakan oleh kelompok2 masyarakat yang berkuasa untuk melindungi kepentingan mereka sendiri.
6. Teori fungsi
Emile Durkheim menyatakan bahwa keseragaman dalam kesadaran moral seluruh anggota masyarakat adalah hal yang mustahil terjadi karena tiap-tiap individu berbeda satu dengan yang lain.

Bentuk-bentuk perilaku menyimpang
Perilaku menyimpang primer, yaitu penyimpangan yang bersifat sementara, tidak dilakukan secara berulang dan masih dapat ditolelir oleh masyarakat.
Perilaku menyimpang sekunder, penyimpangan yang dilakukan secara terus menerus danberulang, sehingga tidak bisa lagi ditolelir.

Sifat-sifat perilaku menyimpang

 Perilaku menyimpang positif
 Perilaku menyimpang negative

Proses pembentukan perilaku menyimpang
 Penyimpangan sebagai hasil sosialisasi tidak sempurna
 Penyimpangan sebagai hasil sosialisasi nilai sub kebudayaan menyimpang


SIKAP ANTI SOCIAL
Meryupakan sikap yang kontras atau sikap yang melawan kebiasaan dari masyarakat dan kepentingan umum dan dapat mengakibatkan dampak negating bagi orang lain.

Sikap anti social muncul, dikarenakan kurangnya hubungan-hubungan yang bersifat emosional dan primer serta mernuraunnya moral pada masyarakat.


Factor penyebab sikap anti social
 Factor gen
 Pengaruh obat-obatan yang diperoleh anak setelah lahir
 Pengaruh pendidikan atau pemberian contoh yang tidak baik oleh orang tua
 Penagruh media massa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar