Sabtu, 13 Maret 2010

Oleh : I Gusti Ayu Anjani
Siswa SMA Negeri 3 BLITAR

Facebook merupakan situs jejaring sosial yang paling populer di kalangan masyarakat saai ini , bahkan mampu menggantikan posisi Friendster yang sudah ada lebih dulu dari Facebook . Saat ini, hampir sebagian besar pengguna Friendster lebih memilih beralih menggunakan Facebook . Begitu juga dengan saya, awalnya saya adalah pengguna Friendster dan dulu saya tidak tertarik sama sekali dengan Facebook , tapi karena ingin mengikuti tren masa kini apalagi teman – teman saya banyak yang menggunakan Facebook saya jadi ingin mencobanya . Dan setelah saya mengenal facebook lebih jauh , saya menjadi tahu mengapa orang – orang lebih tertarik untuk menggunakan facebook . Hal itu dikarenakan facebook memberikan fasilitas berkomunikasi yang memudahkan pengguna dalam mengaksesnya . Misalnya saja kita bisa dengan mudah untuk bercakap – cakap atau biasa disebut chatting secara online dengan teman – teman di Facebook . Tampilan facebook juga sederhana tidak serumit Friendster . Memang sih tampilan Friendster lebih beragam , dan kita bisa mendesain layoutnya sesuka hati kita , tapi terkadang saking beragamnya justru membuat pusing karena tulisannya jadi tidak kelihatan .
Saat ini , hampir semua orang sudah mengenal Facebook , dari orang yang hi-tech sampai gaptek pun semua tahu tentang Facebook . Dan hampir semua orang di berbagai penjuru dunia rata – rata mempunyai Facebook . Mulai dari tua – muda , kalangan pelajar , artis , tokoh politik , sampai orang penting seperti Barack Obama pun mempunyai facebook Bahkan sekarang ini jika kita tidak mempunyai facebook , orang – orang pasti akan berkata “Hari gini nggak punya facebook ? Apa kata dunia . . ??“ Nah , jika kita tidak ingin disebut sebagai orang yang ketinggalan jaman , gabung saja di facebook . Caranya gampang sekali , tinggal membuka situs web www.facebook.com , lalu mengisi data diri , dan klik daftar , maka kita langsung bisa menikmati fasilitas – fasilitas yang ada di facebook dengan bebas , gratis dan sepuas – puasnya .
Apa saja yang bisa dilakukan di Facebook ? Tentu banyak sekali . Dengan menggunakan facebook , kita bisa saling bertukar informasi dengan cepat kepada orang lain di seluruh nusantara , mulai dari sabang sampai meraoke , bahkan sampai ke penjuru dunia pun bisa ! Selain itu , kita bisa mencari kenalan sebanyak – banyaknya . Pasti akan terasa seru jika pertama kali kenalan , karena kita bisa bertukar pesan , foto , data diri seperti tempat tinggal , sekolah , hobi , sampai nomor telephone . Asyiknya lagi , kita juga bisa mencari teman – teman lama seperti teman di SD atau SMP , lalu bernostalgia tentang kenangan – kenangan masa lalu saat di sekolah dulu . Misalnya saja saya , lewat Facebook saya bisa menjalin hubungan kembali dengan teman SD saya yang dulu pindah ke daerah lain setelah lulus SD . Di Facebook biasanya kami saling bertukar cerita dan saling mengingat – ingat kenangan – kenangan apa saja yang pernah kami alami saat di SD dulu . Atau biasanya kami juga saling curhat tentang apa pun yang kami mau .
Dalam Facebook , dikenal juga istilah update status . Di sini kita bisa menggonta – ganti status sesuka hati kita . Entah saat kita sedang senang , sedih , bete , kecewa , dsb , kita bisa meluapkan perasaan kita melalui status di Facebook . Dan nantinya akan lebih menyenangkan lagi jika ada teman lain yang memberikan komentar mereka ke status kita . Semakin banyak komentar yang masuk akan semakin bagus , karena dari hal tersebut kita bisa melakukan interaksi sosial yang bisa mempererat hubungan kita dengan teman – teman di Facebook . Selain update status , kita pun bisa langsung chatting dengan teman- teman yang sedang online . Bagi anak – anak sekolahan seperti saya , fasilitas chatting ini tentu sangat bermanfaat . Karena di sini kita bisa saling berdiskusi tentang PR atau tugas kelompok dengan teman sekelas kita yang sedang online . Terkadang saking asyiknya chatting dengan teman lain seolah olah kita berada dalam satu ruangan bersama teman kita tersebut . Fasilitas tersebut memang sangat memudahkan kita dalam berinteraksi dengan orang lain , mulai dari orang – orang di nusantara , maupun di penjuru dunia . Itulah sebuah keunggulan dari Facebook .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar