Sabtu, 13 Maret 2010

PENGARUH FACEBOOK DALAM KEHIDUPAN


Facebook,adalah jejaring social yang mempunyai banyak pengaruh baik dan juga tak kalah banyak pengaruh buruk yang mengikutinya.Pada masa dewasa ini,facebook telah menjadi suatu sarana yang terbilang sangat mudah dan murah untuk manjalin hubungan dengan orang lain.Contohnya dengan saudara,teman lama,atau dengan orang yang baru dikenal.
Kali ini saya akan mencoba berbagi pendapat tentang facebook.Tentunya dengan facebook,kita dapat menjalin hubungan kembali dengan teman-teman lama atau saudara-saudara kita seperti yang sudah saya singgung di atas.Karena facebook telah didukung oleh aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dengan mudahnya dan pasti akan membuat semua pengguna facebook akan ketagihan untuk terus membukanya.
Bagi yang sedang bersekolah di luar negeri misalnya.Manfaat facebook akan sangat terasa.Dengan menggunakan jejaring social facebook,mereka yang sedang studi di luar negeri masih dapat berhubungan dengan keluarganya dengan sangat mudah.Karena juga,bila di hitung-hitung lebih jauh,coba anda hitung barapa tarif telefon yang harus anda keluarkan hanya untuk menelefon saudara dalam waktu 15 menit saja.Dan coba anda bandingkan bagaimana harga itu dengan tarif membuka facebook entah itu dari hp maupun melalui internet dalam waktu berjam-jam.
Oleh karena itu,bagi mereka yang telah mengerti perbedaan antara tarif telefon dengan internet akan lebih memilih menggunakan internet karena telah terbilang murah.
Pada masa dewasa ini,facebook dapat juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan suatu ide atau dapat dimanfaatkan dalam dunia politik.Membangun komunitas di dalam facebook dengan tujuan yang baik akan sangat bermanfaat.Perkembangan komunitas di dalam facebook juga terbilang cukup cepat.
Dalam pages atau komunitas-komunitas tertentu juga dapat mengiklankan sesuatu.Contohnya produk yang berhubungan dengan pemilik pages.
Saya fikir jika saya menulis dampak baik atau pengaruh baiknya,mungkin sudah banyak yang tahu.sebaliknya,dampak buruk yang timbul seiring dengan dampak baik terkadang tidak kita ketahui.Berikut beberapa dampak-dampak negative dari facebook.

Waktu kita akan terbuang sia-sia hanya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.Jadi anda harus bisa membagi waktu antara facebook dengan aktifitas anda yang lain.Jangan sampai aktifitas yang lain tertinggal hanya karena facebook.
Terlalu banyak membuka facebook juga akan berdampak pada pelajaran.Dan itu biasanya akan membuat malas belajar,mengerjakan tugas,ataupun meninggalkan pekerjaan yang harus di selesaikan.
Facebook juga akan berdampak kearah pergaulan bebas yang membahayakan.Seseorang dapat menjadi apa saja dan berbuat apa saja.Entah itu perbuatan yang baik maupun yang buruk.Bahkan sekarang telah marak kejadian para teroris menggunakan facebook sebagai alat komunikasi.
Bila anda sering melihat,membaca ataupun mendengarkan berita,tentu saja anda tidak akan merasa asing bila saya menyebutkan bahwa facebook telah memunculkan berbagai tindakan criminal.Sebagai contoh,Penculikan beberapa pekan ini telah marak berbagai berita tentang penculikan melalui jejaring social facebook.
Biasanya para pelaku pertama-tama mencari korban di facebook.setelah korban berhasil dihubungi,mereka biasanya langsung memulai pembicaraan melalui chat.Setelah ber-chatting ria,para pelaku akan mengajak korban bertemu di suatu tempat.Jika korban tidak menyadari pikiran jahat pelaku,maka itu akan berdampak fatal.Korban dan pelaku akan bertemu di suatu tempat,dan pelaku tersebut akan dengan mudahnya menculiknya.
Dan akhirnya para pelaku akan menghubungi orang tua korban dan akan meminta tebusan yang pastinya tidak sedikit.
Atau ada juga kejadian yang pastinya tidak patut untuk ditiru.Facebook disalah gunakan menjadi ajang pronstitusi.Biasanya itu dilakukan oleh para wanita ataupun para remaja yang sudah tidak mampu memikirkan masa depannya.
Pertama-tama mereka akan memajang foto yang terbuka di halaman facebooknya.Dan bila ada laki-laki yang tertarik mereka akan saling bertukar nomor hp,dan akhirnya terjadi transaksi yang berujung pertemuan di suatu tempat.
Para perempuan tersebut biasanya tidak mematok harga yang murah,melainkan mereka akan mematok harga yang tinggi untuk sekali permainan.
Bila saya boleh menuangkan pendapat.Maka saya akan mengatakan bahwa itu adalah suatu perbuatan yang dilakukan oleh orang yang tidak berfikir panjang.Dan pastinya tidaklah untuk patut di tiru oleh siapapun.
Seharusnya para pengguna facebook tersebut harus memperbaiki diri dan berfikir lebih panjang.apabila mereka melakukan hal itu,apakah mereka berani menanggung resiko yang akan dihadapi?apabila suatu saat tiba-tiba ada operasi facebook dan terbukti dia bersalah,apakah dia berani menanggung malu?
Mungkin hanya sekedar itu yang dapat saya utarakan.Saya harap barang siapa saja yang tanpa sengaja maupun memang disengaja membaca coretan singkat saya,akan lebih mengerti bagaimana dampak negative dan positif dari facebook itu sendiri.
Sekarang tergantung diri kita sendiri bagaimana menanggapinya.Jadi gunakanlah fasilitas jejaring social tersebut dengan sebaik-baiknya dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.Semoga bermanfaat.



Nama : Bariami valensia syahputri
SMA NEGERI 3 BLITAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar